Ketik Judul Artickel....

LOUHAN NONONG YANG LEGENDS

 











Louhan Texas






Ikan Louhan merupakan salah satu ikan hias termahal di dunia yang dipelihara di dalam akuarium karena warna sisik mereka yang hidup serta benjolan kepala mereka yang berbentuk khas berjuluk "benjol kelam".

Jenis-Jenis Ikan Louhan(Gambar bisa di cari Om Google) :

1. Ikan Louhan Cencu 

Jenis pertama adalah Louhan Cencu sebagai salah satu ikan hias lokal asli Indonesia dengan pola bintik pada tubuhnya. Adapun, ikan ini memiliki tekstur warna merah pada bagian tubuh hingga tengah badannya, lalu berwarna kuning keemasan dari tubuh sampai ekor.

2.  Super Red Magma 

Louhan SRM atau jenis ikan louhan Super Red Magma memiliki kualitas dengan tekstur yang lebih lembut dari SRD.Jenong pada Ikan louhan ini berukuran lebih besar dari mutiara pada tubuhnya lebih baik jika dibandingkan dengan louhan SRD.

3.  Louhan Bonsai Berukuran Kecil 

Ikan louhan bonsai memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil, sekalipun tidak akan membesar karena faktor kelainan genetik.Meski demikian, louhan bonsai memiliki variasi warna yang sangat beragam sekalipun tampil menarik. 

4. Jenis ikan louhan “Golden Monkey” Untuk diketahui, louhan Kemalau atau “Golden Monkey” memiliki warna merah pada bagian jenong hingga sisi kepala.Selain itu, pada sisi kulit ikan cenderung berbintik pada bagian tengah tubuh sampai ke ekor.

5.Louhan Thai Silk 

Aksen unik pada ikan louhan yakni memiliki mutiara pada tubuhnya, termasuk louhan Thai Silk yang berasal dari Thailand.Untuk diketahui, tekstur mutiara yang rapat menjadi karakter morfologi untuk menutupi tubuhnya. Semakin rapat mutiaranya, maka harganya pun akan semakin tinggi. 

6.  Louhan Kamfa “Chingwa” 

Jenis ikan louhan Kamfa atau Chingwa merupakan salah satu varietas yang berasal dari Asia Tenggara.

7.King Kamfa 

Ikan louhan kamfa ini merupakan dari breeder yang berasal dari Thailand dengan karakteristik pada sisi Jenong yang lebih besar.Selain itu, King Kamfa memiliki mutiara yang lebih baik dibandingkan beberapa jenis ikan louhan lainnya.

8.  Kamfa Klasik 

Mutiara pada ikan louhan ini memiliki karakteristik yang sangat mewah  dengan mutiara dan kepala dengan istilah “crosshead”.Sedikit berbeda dengan King Kamfa, louhan Kamfa Klasik memiliki mutiara yang sedikit, bahkan jika tak mutiara maka terlihat sempurna.

9.Louhan Golden Base 

Ikan louhan ini kerap dikenal sebagai louhan “mutasi” karena dalam satu fase akan kehilangan seluruh warnanya dan hanya akan berwarna hitam.Adapun, warna hitam tersebut akan memudah sewaktu-waktu dan berubah menjadi kuning dan merah menyerupai bunglon.

10.  Louhan Red Texas 

Selain Golden Base, jenis ikan louhan lainnya yang bermutasi adalah jenis Red Texas bertekstur merah dan hitam.Jika, berwarna merah maka louhan ini memiliki mutasi kulit tertinggi, sekalipun paling diminati.

11.Louhan Golden Red Jenis ikan louhan ini merupakan salah satu jenis varietas yang sangat mahal di berbagai belahan dunia manapun.Adapun, karakteristik dari Golden Red ada pada warna merah keemasan yang terlihat sangat menawan.

12.  Super Red Synspilum 

Louhan terakhir ini menjadi salah satu varietas termahal yang dijual di Indonesia saat ini karena populasinya yang sangat langka.

13. Louhan SRD 

Ikan louhan selanjutnya adalah louhan SRD atau yang biasa disebut dengan Super Red Dragon.

Berdasarkan karakter morfologi, louhan SRD memiliki tekstur jenong yang besar diantara jenis Ikan louhan lainnya.Ciri-ciri warna merah dengan tekstur perak pada bagian kepala dari bagian tengah tubuh hingga ekor.

Memilih anakan ikan louhan yang bermutu dari burayak:

  • Tentukan pilihan pada Anakan ikan louhan yang sehat dan fisiknya, sempurna tampilannya. Sebaliknya, jangan memilih bibit ikan yang diselmuti bercak-bercak putih (Whith Spot) atau pun jamur yang berbahaya untuk ikan.
  • Ambil anakan ikan louhan yang memiliki jenong cukup besar di kepalanya. Hindari membeli louhan yang tidak mempunyai jenong meski harganya murah sebab hanya akan membuat Anda merasa kecewa kelak.

  • Ikan louhan yang bagus juga ditandai dengan banyaknya motif mutiara yang terlukis di badannya. Tidak masalah apakah motif tersebut berukuran besar atau kecil karena keduanya sama-sama terlihat indah.
  • Beli lah ikan louhan yang mempunyai garis marking berwarna hitam pekat dan terbentang dari pangkal sirip ekor sampai ke kepala. Semakin unik desain yang terbentuk dari garis marking tersebut, maka kualitasnya akan semakin baik.
  • Ikan louhan yang ideal memiliki postur tubuh agak bulat, tebal, dan memanjang. Jangan lirik ikan louhan yang kurus atau ukuran badannya terlalu panjang.
  • Ikan louhan yang berwarna merah sangat disukai oleh kalangan penghobi ikan ini. Sebaiknya warna tersebut menghiasi bagian insang, perut, dan sirip atas. Gradasi warna yang baik adalah merah pekat di tubuh bagian bawah, lalu berangsur-angsur cerah ke atas.
  • Mata juga bisa menjadi sebuah pertanda apakag mutu seekor ikan louhan termasuk bernilai tinggi atau tidak. Anakan louhan yang bagus selalu memiliki bulatan yang berwarna merah di kedua bola matanya.
  • Justru ketika ikan louhan mempunyai sifat agresif, ikan tersebut akan sangat diminati.Cara mengetahuinya Anda bisa menaruh telapak tangan di dekat akuarium, lalu menggerakkannya ke kanan dan kiri. Bibit ikan yang bagus bisa dilihat pada ikan yang terus-menerus mengikuti arah gerakan tangan.
  • Ikan louhan yang agresif pun dapat diketahui dari bentuk siripnya. Usahakan ambil ikan louhan yang memiliki sirip atas berdiri dan tidak menguncup, serta sirip ekor yang mengembang sempurna.
  • Pilih ikan yang memiliki bentuk tubuh normal dan tidak mengalami cacat sama sekali. Beberapa kelainan fisik pada ikan louhan di antaranya tubuh yang bengkok, kerusakan pada sirip, kalainan tulang punggung, kelainan insang dan sebagainya. 

Makanan yang buat Berwarna :

1.Udang

2.Pelet Okiko Red Head

Makanan buat tubuh gede :

1.Jangkrik

2.Ulet Hongkong-Jangan di kasih keseringan seminggu 2 hari sekali.

3.Cacing Sutra Bila masih burayak

4.Enjuk Anak nyamuk

Itu lah berdasarkan pernah melihara...Makasih Sudah Mampir