Ketik Judul Artickel....

HONDA VARIO 160 CBS JADI ABS

 





All New Honda Vario 160 dipasarkan dengan 2 tipe yaitu CBS (Combi Brake System) dan ABS(Anti-lock braking system). Untuk tipe CBS terdapat warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande Matte Red. Sedangkan untuk tipe ABS, terdapat warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande White. Tipe ABS memiliki velg dengan warna Burnt Titanium serta sentuhan emblem Vario yang semakin memberikan kesan lebih premium.

PT AHM (Astra Honda Motor) memasarkan All New Honda Vario 160 dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta Rp 25,9 juta untuk tipe CBS, dan Rp 28,7 juta untuk tipe ABS. Dengan perbedaan harga tersebut, tentu calon konsumen yang mempertimbangkan harga akan mengambil varian CBS.
Namun, tidak menutup kemungkinan saat sudah memiliki varian CBS lalu ingin menambahkan fitur ABS dengan memodifikasinya. Apakah modifikasi tersebut direkomendasikan? Reza Rezdie selaku Technical Service Division AHM memberikan tangapan. 
"Pada prinsipnya sih kalau dimodif semuanya juga bisa. Tapi banyak yang harus diganti, pertama nambah modulator ABS, lalu mengganti sistem kelistrikan atau kabel, terus di bagian mekanis roda belakang sebelumnya menggunakan pelek khusus drum brake, kalau ganti ABS dengan disc brake harus ganti pelek. Jadi cukup banyak yang diganti," ungkap Reza saat sesi diskusi virtual,Selain itu, ada konsekuensi yang harus dihadapi oleh konsumen jika menambahkan sistem pengereman ABS pada varian CBS. " Tipe CBS ganti ke ABS, maka sistem CBS harus dilepas, CBS connecting cable mau tidak mau dilepas. Secara prinsip kita tidak menyarankan modifikasi (CBS jadi ABS) karena menggugurkan garansi, dan belum tentu kinerja lebih optimal. Secara keekonomisan, mengeluarkan ongkos modifikasi CBS ke ABS akan lebih mahal dibanding langsung beli varian ABS," pungkas Reza.

Spekfikasi  :

Tipe Mesin 4 Langkah, 4-Valve, eSP+Sistem PendinginPendingin CairanSistem PengapianPGM-FI (Programmed Fuel Injection)Volume Langkah156,9 cc Diameter x Langkah60 x 55,5 mmPerbandingan Kompresi 12 : 1Daya Maksimum11,3 kW (15,4 PS) / 8.500 rpmTorsi Maksimum13,8 Nm (1,4 kgf,m) / 7.000 rpmTipe TransmisiOtomatis, V-MaticTipe StarterElektrikTipe KoplingOtomatis, Sentrifugal, Tipe Kering Tipe Minyak Pelumas Basah Kapasitas Minyak Pelumas0,8 liter (Penggantian Periodik)

Tipe Rangka :

Underbone - eSAF (enhanced Smart Architecture Frame)

Ukuran Ban Depan

100/80 - 14M/C Tubeless

Ukuran Ban Belakang

120/70 - 14M/C Tubeless

Rem Depan

Cakram Hidrolik, Piston Tunggal

Rem Belakang

Tromol (CBS), Cakram Hidrolik (ABS)

Sistem Pengereman

Combi Brake System (CBS) & Anti-Lock Braking System (ABS)

Tipe Suspensi Depan

Teleskopik

Tipe Suspensi Belakang

Swing Arm dengan Suspensi Tunggal.

Dimensi :

 Panjang x Lebar x Tinggi

1.929 x 679 x 1.088 mm

Jarak Sumbu Roda

1.277 mm

Jarak Terendah ke Tanah

140 mm

Tinggi Tempat Duduk

778 mm

Berat Kosong (Curb Weight)

115 kg (CBS) & 117 kg (ABS)

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

5,5 liter.

Kelistrikan :

Sistem PengapianFull TransisterizedTipe Baterai/AkiMF 12V-5 AhTipe BusiNGK LMAR8L-9

Sumber : m.liputan6.com