Ketik Judul Artickel....

DAUN PATAT LANGKA

  Hampir mirip dengan daun kunyit, daun patat merupakan daun dari tanaman yang dikenal dengan nama latin phrynium capitatum. Biasanya masyarakat Bogor menggunakan daun ini untuk membungkus toge goreng. Daun ini aman dipakai sebagai pembungkus makanan karena memiliki sifat anti bakteri.









Daun patat juga memiliki nama ilmiah phrynium capitatum merupakan salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi di beberapa negara di Asia Tenggara, Afrika, dan Amerika Latin.  Penggunaan daun patat sebagai bungkus makanan tidak hanya digunakan di wilayah Indonesia, melainkan di Yunani atau wilayah Tiongkok.

  Daun ini dipercayai memiliki lapisan air yang sangat berguna untuk melakukan penahanan terhadap air yang dihasilkan oleh makanan. Tidak hanya itu, dari segi estetika daun ini dinilai menarik. Penggunaan daun patat sebagai bungkus makanan tidak hanya digunakan di wilayah Indonesia, melainkan di Yunani atau wilayah Tiongkok. Umumnya di Yunani daun ini digunakan sebagai bungkus zongzi atau bacang. Makanan tradisional negara Tiongkok yang berbahan baku dari baku beras ketan.

  Daun patat juga diyakini memiliki keunikan dan perbedaan signifikan, utamanya jika digunakan untuk membungkus lontong. Tekstur yang didapatkan dengan menggunakan daun ini yaitu lembut, moist, tapi isinya tetap padat. Dari segi estetika juga terlihat lebih cantik karena terdapat garis-garis.  

  Manfaat daun patat :

1. Menjaga Kesehatan Mata

Daun patat mengandung lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kedua senyawa ini dikenal dapat melindungi mata dari efek buruk sinar ultraviolet dan membantu mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun patat mengandung antioksidan seperti vitamin A, C, dan E yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan juga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan membantu mencegah terjadinya penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Daun patat mengandung beta-karoten dan vitamin C yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kedua senyawa ini dikenal dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis halus, dan kulit kering.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan Serat yang terdapat pada daun patat dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu memperlancar pencernaan, mengurangi risiko sembelit, dan menjaga kesehatan usus.

5. Menurunkan Tekanan Darah Daun patat mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kalium dapat membantu menghilangkan natrium yang berlebihan dalam tubuh, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

6. Menjaga Kesehatan Jantung Daun patat mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Omega-3 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Itulah beberapa khasiat daun patat yang perlu diketahui. Namun, sebelum mengonsumsi daun patat, pastikan untuk memasaknya terlebih dahulu.