Ketik Judul Artickel....

MANTENAN GUNUNG BURUNG EXOTIC

Menurut wikipedia Sepah gunung/mantenan himalaya adalah spesies burung dari keluarga Campephagidae, dari genus Pericrocotus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan kumbang, ulat, tempayak, telur serangga dan memiliki habitat di hutan primer, sekunder, pinus serta lahan pertanian. Burung yang ini dipelihara pun bukan sembarang burung, melainkan burung yang mempunyai nilai tinggi, mulai dari suara, keindahan warna dan lain sebagainya. Contohnya adalah burung mantenan.  Mari kita simak jenis-jenis burung mantenan :

1. Mantenan Gunung/Himalaya





Ciri khas dari burung mantenan gunung memiliki fostur lebih besar, dengan panjang 19 sampai 20 cm. untuk warnanya itu sendiri tidak jauh dengan warna burung mantenan kecil, memiliki warna hitam dan juga orange, namun memiliki badan yang lebih besar. Burung Mantenan gunung biasa ditemukan didaerah pegunungan,yang tersebar di daerah sumatera asli. Jadi ini merupakan salah satu bagian dari melestarikan kekayaan dengan cara mengembangbiakan

2. Mantenan Dagu Kelabu






Sesuai namanya, burung mantenan dagu kelabu ini tentunya memiliki warna kelabu disekitar dagunnya dengan memiliki fostur tubuh yang tidak kecil dan juga tidak besar, dengan memiliki panjang tubuhnya sekitar 17cm .

Untuk membedakan burung mantenan pejantan dan kelabu bisa dilihat dari warna abu-abu disekitar tenggorokannya untuk pejantan dan untuk betinanya memiliki warna kelabu di sekitar dagu. Secara keseluruhan, warna yang terdapat dari burung mantenan dagu kelabu ini memiliki warna dominan hitam dan juga orange.

3.Mantenan Kecil







Burung mantenan kecil biasa hidup di pegunungan dataran rendah yang hidup di sekitar pedesaan. Penyebaran dari burung ini biasa ditemukan di jawa, K
alimantan dan bali hingga india dan asia tenggara. Sesuai dengan namanya, bentuk tubuh dari jenis mantenan ini memiliki panjang hanya 15 cm dengan memiliki 2 warna, yakni warna orange dan warna hitam yang mencolok dengan memiliki warna mata yang hitam.

4. Mantenan Tulin








Bercorak campuran antara hitam dan merah gelap adalah ciri khas warna mantenan tulin. Ukuran burung ini juga tidak terlalu besar yakni 15 cm saja sama dengan mantenan kecil. Habitat jenis ini seringkali ditemukan di Semenanjung Malaysia, Kalimantan, dan Sumatra.

Pejantan memiliki warna cemerlang yang tersebar di area sayap, punggung, ekor, dan kepala. Sedangkan si betina lebih cenderung memiliki warna jingga cerah serta menonjol dari yang lainnya. Suara yang tinggi menukik menjadi ciri khas jenis ini.

5. Mantenan Padang


Ukuran yang dimiliki jenis ini tidaklah terlalu besar seperti kerabatnya mantenan hutan. Namun ukurannya lebih mendekati kerabatnya yang lain yaitu mantenan tulin. Berbeda dengan kerabatnya yang memiliki warna menonjol, jenis ini justru memiliki warna yang netral.

Warna putih dapat ditemukan di area bawah tubuhnya dan area dahi. Sedangkan pada bagian belakang didominasi warna hitam pekat serta memiliki paruh hitam. Jenis satu ini bisa ditemui pada aera berketinggian tidak lebih dari 900 mdpl bagian Kalimantan dan Sumatra.
 
Cara Perawatan burung mantenan :

1. Angin-anginkan pada pukul 06.00-08.00 pagi
2. Jam 09.00 pagi mandikan dengan menggunakan sampho merek jati jajar, gunanya untuk membunuh kuman dan kutu, membersihkan kandang dan melembutkan bulu burung.
3. Penjemuran jangan terlalu lama, gantang ditempat yang teduh.
4. Kasih ulat kandang jangan terlalu banyak kasih ulat hongkong karna ulat hongkong panas, burung ini suka juga jangkrik jangan lupa buang kaki belakngnya dan pala jangkrik.
5. Kandang dikerodong dan masterkan pakai Mp3 atau youtube.

 Untuk harga saat ini mantenan kisaran harga 50rebu bila dah gacor 300rebu...makasih telah mengunjungi donsean blog.