Ketik Judul Artickel....

UNDUR-UNDUR SERANGGA KECIL MANFAAT BUAT MANUSIA

 






Undur-undur adalah sebutan untuk kelompok serangga dari familia Myrmeleontidae. Di dunia ini diperkirakan ada sekitar 2.000 spesies undur-undur dan mereka tersebar di seluruh dunia, terutama di wilayah bersuhu hangat dan berpasir.

Undur-undur darat (Myrmeleon sp.) merupakan hewan tingkat rendah yang banyak ditemui di tanah berpasir, gembur dan kering. ia juga dapat hidup di tempat tersembunyi seperti lantai tanah berpasir, tepi sungai, di pinggir pohon, atau dibawah pagar. Mereka juga banyak dijumpai






pada daerah berpasir halus, tanah di hutan terbuka dan kering, daerah-daerah yang harus terlindung dari sengatan matahari, angin dan hujan secara langsung (Lomascolo, 2001).Nama Undur-undur “Myrmeleon” berasal dari bahasa Yunani, yaitu Myrmex (ant) yang berarti semut dan leon (lion) yang berarti singa (Pantaleoni et al., 2012). Sehingga jika disimpulkan bahwa hewan ini mempunyai bentuk seperti semut, dan sifatnya yang suka memangsa hewan berukuran lebih kecil diibaratkan seperti singa. Dalam bahasa inggris ia juga dikenal dengan nama antlion.

Asal muasal undur-undur adalah serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis sendiri merupakan fase perubahan bentuk dan bagian-bagian tubuh serangga. Hari memaparkan, metamorfosis terbagi menjadi dua macam, yakni lengkap atau sempurna, serta tidak lengkap atau tidak sempurna. Metamorfosis tidak sempurna seperti yang dialami undur-undur, terdiri dari tahapan telur, nimfa, dan nimfa yang berganti kulit beberapa kali hingga menjadi serangga dewasa. Sementara metamorfosis sempurna, seperti yang terjadi pada kelompok kupu-kupu

Perbedaan antara undur-undur dewasa dan capung jarum dapat dilihat pada antena.antena pada undur-undur dewasa atau antlion lebih panjang dengan ujung yang menggembung seperti gada. Sementara capung jarum atau damselfly, memiliki antena yang lebih pendek dan lurus seperti tongkat.

Selain antena, undur-undur dan capung jarum juga memiliki habitat yang jauh berbeda. Nimfa (bentuk serangga muda) capung dan capung jarum hidup di air. Sedangkan, undur-undur muda hidup di darat.

Manfaat Undur-Undur bagi Kesehatan Tubuh Manusia.

Melansir Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma September 2020, undur-undur mengandung zat aktif sulfonylurea yang mempunyai efek anti-hyperglikemik, antioksidan dan antibakteri. Undur-undur juga memiliki senyawa mirip metformin yang mampu menurunkan gula darah.

Bagaimana mengkonsumsi undur-undur?

Cara mengonsumsinya ada dua macam. Pertama, langsung ditelan sebanyak 3-5 ekor, sehari dua kali. Kedua, dimasukkan ke dalam kapsul, lalu diminum sehari dua kali (pagi dan sore). Efek mengkonsumsi undur-undur tidak masalah mengonsumsi undur-undur secara rutin, namun sebaiknya tetap konsumsi undur-undur dalam keadaan matang, untuk menghindari efek samping infeksi yang bisa terjadi dari konsumsinya yang tidak steril.

Sekian info kesehatan dari jurnal artikel media lain...Makasih telah berkunjung