Ketik Judul Artickel....

MEMBUAT STEAK DAGING AUSTRALIA YANG JUICY

  Sebelum membuat dan menghidangkan steak daging australia kenali dahulu Jenis daging sapi Australia. Jika Anda menginginkan sepotong daging sapi yang juicy dan lembut di dalam serta renyah dan enak di luar. Cukup gunakan salah satu steak yang tercantum di bawah ini untuk membuat makan siang atau makan malam menarik yang dapat Anda nikmati sambil menonton film favorit Anda di malam bulan yang tenang plus candilac dinner. 


- Daging ribeye (bulu), yang memiliki rasa daging sapi yang nikmat dan dibedakan berdasarkan keserasian antara jumlah daging, lemak, dan kelembutannya. Namun perlu diperhatikan: hingga tingkat kerataan yang sesuai tercapai, diperlukan api sedang-tinggi. 

-Strip steak (juga dikenal sebagai New York strip), yang memiliki rasa daging sapi yang kuat dan sedikit lemak. 

-Porterhouse steak, sejenis potongan daging yang diperoleh dari bagian atas paha. 

-Steak T-bone, yang dipotong dari bagian pinggang pendek atau rumah ginjal. 

Steak rahasia, yang paling baik disiapkan dengan memanaskannya dalam waktu singkat untuk menjaga kekenyalan dan cairannya. Diambil dari bagian tengah perut atau piring daging sapi. 

-Steak sirloin bagian atas, yang diambil dari daerah tulang rusuk. 

-Steak rahasia diambil dari bagian tengah perut atau piring daging sapi, dan sebaiknya didiamkan dengan api besar dalam waktu singkat untuk mempertahankan kelembutan dan cairannya. 

-Steak sirloin bagian atasnya, dipotong dari area belakang iga. 

-Steak tomahawk yang memiliki rasa yang kuat dan potongan yang relatif besar dinamakan demikian karena bentuknya yang menyerupai tomahawk atau kapak India. 


  Menggoreng, memanggang, atau bahkan memanggang dalam oven, merupakan cara untuk menghasilkan resep steak yang lezat. Daging yang membentuk steak memiliki ciri rasa yang ringan, dan waktu pemasakan yang cepat sehingga memberikan gigitan lembut yang lumer di mulut namun tetap memiliki tekstur yang keras.  


Untuk menambah keempukan steak, potongan dibuat tegak lurus dengan jaringan otot. Makanan ini sering kali diambil dari hewan ternak dan menonjol karena harganya yang mahal karena cepat dimasak dan rasanya yang khas. Namun untungnya, tersedia berbagai jenis steak, seperti beef steak Pakistan dan Australia. 

Steak daging sapi Australia 

Namun, karena sapi Australia dibesarkan di lingkungan yang ramah lingkungan dan selaras dengan alam, steak daging sapi Australia adalah salah satu jenis daging terlezat yang pernah Anda beli. Meskipun ada beberapa sapi di Australia yang memakan biji-bijian seperti gandum dan jelai, sebagian besar dari mereka diberi makan rumput dan sebagian besar digemukkan di padang rumput milik pribadi. Sapi Australia memiliki lemak paling enak karena tingginya konsentrasi beta-karoten dari rumput yang mereka makan. Ia juga memiliki banyak manfaat kesehatan karena merupakan sumber zat besi dan seng yang tinggi, yang penting untuk meningkatkan tingkat energi tubuh, pertumbuhan dan perkembangan yang sehat, serta berbagai aktivitas kognitif. Selain itu, mengandung banyak asam lemak omega-3, yang ditemukan pada ikan! 

Daging sapi Australia juga ditangani dengan sangat hati-hati untuk memastikan tingkat kualitas dan keamanan terbaik selama penyembelihan, pemotongan, dan pengawetan. Mengingat kaya akan nutrisi bagi tubuh, maka ini merupakan daging yang alami, sehat, dan padat nutrisi. 

Metode persiapan steak daging sapi Australia :

Jika Anda lebih menyukai rasa steak yang lebih juicy dan lembut, Anda perlu memanggangnya selama 5 menit pada sisi pertama dan 3 menit pada setiap arah untuk steak yang jarang dimasak. Berikut beberapa saran jika Anda ingin steak Anda lebih empuk: 

Untuk steak medium-rare, perlu dimasak selama 5 menit pada sisi pertama dan 4 menit pada setiap sisi berikutnya. 

Untuk steak setengah matang, perlu dimasak selama enam menit pada sisi pertama dan empat menit pada setiap sisi berikutnya. 

Untuk steak setengah matang , diperlukan waktu 7 menit pada sisi pertama dan kemudian 5 menit pada setiap sisi berikutnya untuk memanggang. 

Untuk steak yang matang Setelah 12 menit pada sisi pertama, panggang lagi selama 10 menit pada setiap sisinya. 

Adapun suhu panggangan, oven atau wajan yang dibutuhkan harus: 

120 hingga 130 derajat untuk steak yang jarang dimasak. 

130 hingga 135 derajat untuk steak medium rare 

140 hingga 150 untuk steak matang sedang. 

155 hingga 165 derajat untuk steak ukuran sedang 

170 derajat jika dilakukan dengan baik 

Steak dengan mentega bawang putih dan kentang goreng 

Meskipun memanggang steak adalah metode paling umum untuk menyiapkan steak lezat ini, ada metode lain yang sama pentingnya jika Anda ingin segera menambahkan rasa yang kuat. Oleh karena itu, dalam hal ini, kami memilih untuk meninggalkan gagasan memanggang steak dan menyajikan kepada Anda resep yang tidak akan Anda sesali untuk mencobanya. Hal ini dapat dilakukan dengan menyajikan steak secara berbeda dengan mentega bawang putih dan kentang goreng yang lezat.  









Bahan-bahan

650 g steak daging sapi Australia 

650 g kentang, potong empat 

2 sendok makan minyak zaitun 

3 sendok makan mentega 

5 siung bawang putih cincang 

1 sendok teh thyme segar cincang 

1 sendok teh rosemary segar cincang 

Garam dan merica sesuai selera 

Irisan cabai merah, opsional 

1/3 cangkir kecap asin (atau kelapa) 

1 sendok makan saus pedas 

Paprika segar 

Keju parmesan parut 


Metode persiapan: 

Saat kentang dimasak, campurkan steak dengan kecap, minyak zaitun, merica, dan saus sambal dalam mangkuk besar.

Campurkan 1 sendok makan mentega dan 1 sendok makan minyak zaitun dalam wajan besar dengan api sedang. Setelah mentega meleleh, tambahkan kentang dan masak selama sekitar 4 menit. Kemudian, campur dan masak kentang selama 4–5 menit lagi, atau sampai kentang lunak dan berwarna keemasan. Goreng kentang, lalu letakkan di piring dan sisihkan.

Tambahkan 2 sendok makan mentega, bawang putih cincang, serpihan cabai merah, dan rempah segar ke dalam wajan yang sama dengan api sedang. Kemudian masukkan steak ke dalam wajan dan sisakan bumbu steak yang sudah ditiriskan untuk digunakan nanti.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ubah waktu memasak sesuai selera Anda dengan memasak steak selama 1 menit di setiap sisinya.

Jika Anda mau, tambahkan sisa bumbu marinasi sesaat sebelum steak dimasak dengan mentega bawang putih dan masak sebentar lagi.

Tambahkan mentega bawang putih dan kentang ke dalam wajan, panaskan, dan cicipi garam dan merica.

Matikan api dan segera sajikan wajan. Jika suka, tambahkan lebih banyak cabai, bumbu segar, dan keju Parmesan. Nikmati juga rasanya yang luar biasa!