Ketik Judul Artickel....

PLECING KANGKUNG KHAS LOMBOK

 Plecing kangkung adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Bali dan Lombok. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat, yang dibuat dari Cabai rawit, garam, terasi dan tomat, dan kadang kala diberi tetesan jeruk limau. kangkung air yang ditanam dengan metode tertentu.



Batang kangkung yang lebih besar menambah kelezatan ketika digigit dengan nasi hangat.

Ingin membuat plecing kangkung yang sesuai dengan resep dari Lombok? Atau, ingin membuat plecing kangkung tanpa terasi? Langsung saja simak resep di bawah ini!


Plecing Kangkung Terasi Bakar :


Bahan utama :

1 ikat kangkung

Tauge secukupnya

Kacang tanah


Bumbu sambal :

8 siung bawang merah

1 buah tomat merah berukuran besar

10 buah cabai keriting

5 cabe rawit

Minyak secukupnya


Bumbu pelengkap :

1/2 keping terasi bakar

Garam dan gula secukupnya

Gula merah atau gula Jawa

Kaldu jamur atau kaldu penyedap

Air jeruk limau secukupnya


Cara Membuatnya :

Siapkan kangkung, siangi dan potong-potong. Rebus dengan sedikit garam, lalu tiriskan.Siapkan tauge. Seduh dengan air panas sebentar, angkat, dan tiriskan.Kacang tanah digoreng sebentar dengan sedikit minyak.Tumis semua bahan sambal dengan sedikit minyak hingga matang, angkat, dan tiriskan.Haluskan bahan sambal dengan bumbu-bumbu, berikan air perasan jeruk limau dan aduk hingga merata.Jumlah cabai bisa disesuaikan selera Moms.Tata kangkung, tauge, dan sambal di atas piring. Jangan lupa beri taburan kacang goreng.Plecing kangkung siap disajikan bersama keluarga..