Ketik Judul Artickel....

BURUNG CICI LURIK YANG JARANG ADA DIPASARAN

 Cici lurik burung yang jarang ada dipasaran karna termasuk burung


migran dari kawasan Eropa, Siberia, dan wilayah utara Asia terkadang “culas”. Setiap musim dingin, mereka meninggalkan habitatnya dan bermigrasi ke wilayah selatan, termasuk negeri kita tercinta: Indonesia.

Salah satu burung warbler yang selalu bermigrasi ke Indonesia adalah kecici lurik / lanceolated warbler (Locustella lanceolata). Saat inilah mereka dapat ditemukan di Indonesia, terutama Sumatera, Kalimantan, dan Jawanya tepatnya di gunung selamet. Suaranya terdengar mirip belalang, yang dapat dijadikan masteran bagi burung kicauan Anda.


Kecici lurik termasuk anggota keluarga Sylviidae, yaitu salah satu keluarga burung pengicau bersuara merdu, atau dikenal sebagai Warbler Dunia Lama.


Postur tubuhnya kecil, sekitar 12 cm, atau seukuran kenari. Sesuai dengan namanya, bulu-bulu pada tubuhnya memiliki corak lurik-lurik kecokelatan. Tubuh bagian atas cokelat zaitun, dengan lurik-lurik warna hitam.


Iris matanya cokelat tua. Bagian atas mata, serupa alis, berwarna kuning-tua. Paruh atas cokelat dan  paruh bawah kekuningan. Sedangkan batang kaki (shank) berwarna merah jambu.


Kecici lurik hanya terdiri atas dua subspesies / ras, dan keduanya selalu bermigrasi ke Indonesia pada saat musim dingin. Berikut ini kedua ras kecici lurik dan wilayah persebarannya :


1. Locustella lanceolata  lanceolata (Temminck, 1840)


Pada musim berkembang biak, ras ini justru berada di sebagian negara Eropa, terutama di wilayah selatan Finlandia dan Russia, serta beberapa negara Asia seperti wilayah utara Mongolia dan timur-laut China.


Namun, ketika tidak sedang berkembang biak, kecici lurik ras lanceolata akan bermigrasi ke India, Asia Tenggara, termasuk wilayah utara Filipina, Sumatera dan wilayah barat Jawa (Banten, DKI, Jawa Barat).


2. Locustella lanceolata  hendersonii (Cassin, 1858)


Selama musim berkembang biak, ras hendersonii berada di Pulau Sakhalin,  Kuril, dan Hokkaido di Jepang.


Namun jika tidak sedang berkembang biak, mereka  bermigrasi ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia, khususnya Jawa bagian gunung selamet, Kalimantan, dan Sumatera.


Habitat, kebiasaan, dan perilaku


Saat berada di daerah migrasi, termasuk Indonesia, kecici lurik senang mendiami areal persawahan, semak rawa-rawa, padang rumput yang lembab dan kering, serta semak-semak di dekat sumber air. Cici lurik dipasar burung pramuka jual dengan harga 125rebu.

Kecici belalang termasuk burung pemakan serangga seperti laba-laba, laron, kupu-kupu, ulat, dan termasuk juga belalang.

Suara cici lurik bisa di download https://drive.google.com/file/d/1mqcYwojI5zhNfqw2shhFoIUZFUNTDeF-/view?usp=drivesdk