Ketik Judul Artickel....

BURUNG SINCHAN, BURUNG MIGRASI YANG SEDANG BUMING

 Burung kerak basi alias sinchan bahasa latinnya Acrocephalus arundinaceus adalah sebuah burung Kicau Eurasia di genus Acrocephalus. Dulu ditempatkan di kumpulan warbler Dunia Lama, tetapi sekarang diakui sebagai bagian dari keluarga rawa dan pohon-warbler. Warbler buluh besar adalah burung berukuran sedang dan merupakan yang terbesar dari warbler Eropa. 







kerak basi Sinchan juga merupakan anggota keluarga family Acrocephalidae dan sebagian besar spesies ini pemakan serangga, jenis ini banyak yang berdomisili wilayah tenggara Rusia, wilayah timur Mongoloa, hingga di wilayah timur Tiongkok dan Jepang.

Karakteristik Kerak Basi Alis Hitam

Kerak basi salah satu jenis burung ocehan dengan kicauan merdu dan dan banyak di minati kicau mania, hanya untuk di nikmati lantunan lagunya atau pun untuk burung master

Ada tiga jenis burung Kerak basi yang terdapat di wilayah hutan kita, salah satu jenis burung kerak basi alis hitam atau sering di sebut juga dengan nama Sinchan, burung ini dikategorikan sebagai burung migrasi yang hanya berkunjung setahun sekali.

kerak basi Sinchan sebagian besar spesies ini pemakan serangga Seperti Jangkrik,kroto,ulat kandang,ulat hongkong. Agar kerak basi memakan voer terutama voer halus merek leopard coklat dan hijau pilih tergantung selera kicau mania , campurkan kroto dan voer leopard jadi satu, supaya terbiasa makan voer.

Nah untuk proses penjinakan burung kerak basi jangan terburu-buru, butuh beberapa syarat sebelum melakukan terapi penjinakkannya, yang pertama kondisi burung harus sehat ya, dan yang kedua burung sudah mau makan voer, jika sudah seperti itu baru boleh temen-temen menerapkan langkah penjinakkannya sebagai berikut :

Selain pakan harian yang berkualitas kalian sajikan, tentu jika burung masih dalam kondisi giras pasti tingkat kegacoran burung tidak maksimal ya ketimbang burung yang sehat dan tidak giras. Burung kerak basi atau sinchan Setiap hari burung harus dimandikan sampai basah kuyup, dalam sehari bisa 2 – 3 kali mandi ya, pagi pada waktu matahari muncul, jangan sampai siang hari karna panasnya sudah mengandung ultraviolet dan kurang baik sehabis di jemur letakkan tempat teduh dan banyak lalu lalang orang, agar burung cepat beradaptasi/ tidak gerabakan lagi. Bisa juga kalian menerapkan terapi lapar, namun jika temen-temen orang sibuk, sebaiknya jangan ya, dikhawatirkan jika lupa dan telat memberikan pakan yang ada nanti burung akan mati.

Habitat aslinya berada di daerah basah, khususnya di daerah rawa-rawa, walaupun mereka juga terlihat aktif di antara rumput tinggi / alang-alang yang tumbuh di sekitar daerah berair.

Ketika musim dingin di habitat aslinya tiba, burung kerak basi suka bermigrasi ke wilayah selatan Tiongkok, India, Semenanjung Malaysia, serta di wilayah Sumatera, tujuan kawanan burung Kerak basi ini bermigrasi disebabkan tidak tahan terhadap udara dingin di habitat aslinya yang dapat mencapai di bawah nol derajat celcius.

Ciri khusus burung kerak basi alis hitam ini memang mirip ciblek, tubuhnya memiliki panjang kurang lebih 13 cm dan berwarna cokelat, pada bagian alis mata putih-kekuningan dan dibatasi setrip hitam di bagian atas dan bawahnya, Untuk tubuh bagian bawah keputihan, iris mata cokelat, paruh atas gelap, dan paruh bawah terlihat pucat.

Ciri khas burung Kerak basi Alis hitam dari segi kicauannya yaitu terdengar cukup nyaring dan agak melengking dengan volume yang lantang, dengan speed crecetan yang lumayan rapat dengan durasi roll yang lumayan panjang sekitar 1 menitan menjadikan burung ini primadona baru di kalangan kicau mania. 

Tempat migrasi burung ini di Indonesia hanya terdapat di wilayah Pulau Sumatera saja, inilah yang menyebabkan jarang terdapat kerak basi alis hitam di pulau Jawa.


Metode Membedakan Tipe Jantan Burung Kerak Basi

Kerak Basi Jantan: Karakteristik kerbas jantan yang awal merupakan diamati dari dimensi badannya. Pada kerakbasi jantan, dimensi badannya nampak besar serta gagah. Bila kamu mau membeli diombyokan, memandang karakteristik ini amatlah gampang sebab terdapat banyak burung lain buat jadi materi parameter.

Pada kerak basi tipe alis hitam, kamu dapat memandang corak alis yang terletak di dekat matanya. Buat kerbas jantan, corak alis ini nampak hitam kental serta kira- kira mencolok. Buat memandang dengan nyata, kalian butuh menjamah burung ini dengan cara langsung. Sebab kalau diamati dari kejauhan hendak sulit, sebab burung pula sedang giras serta kerap beranjak.

Seleksi dan amati bentuk dan pola ekornya lebih panjang dari lainya. Kamu dapat memakai barometer ini kala memilah burung kerbas jantan di ombyokan. Karakteristik berikutnya kamu dapat memandang para bagian kakinya, mulai dari jemari, pergelangan, serta metode ia mencengkram.

Kerak Basi Betina: mempunyai karakteristik kebalikan dari si jantan pastinya, yang dimana mempunyai wujud ekor lebih pendek, corak alis tidak sangat gelap, dimensi badannya nampak kecil, corak bulu menonjol coklat, kaki nampak pendek.

Dan pada pergelangan kaki serta dimensi jarinya kecil serta mempunyai karakter suara kicauan konstan ataupun kurang bermacam- macam. Dipasaran pramuka kisaran harga untuk alis hitam ada yang menjual 80-100rebu, alis putih 35rebu.